Stress dan Pengaruhnya pada Kehamilan; Herbal yang bermanfaat untuk mengontrol Stress

Dalam masyarakat modern yang serba cepat saat ini, mudah bagi orang untuk menjadi stres. Bahkan, orang akan berpikir bahwa stres adalah hal biasa, dan jika Anda tidak menyadari itu, berarti ada yang salah dengan Anda! Namun secara realistis, stres bukanlah hal yang baik untuk tubuh kita secara umum, dan memiliki dampak yang sangat nyata pada kesuburan Anda.

Bisakah Stres Berefek pada Kesuburan Anda?

Percaya atau tidak, tubuh kita dilengkapi untuk mencegah terjadinya pembuahan selama masa stres yang ekstrem. Kehadiran adrenalin, hormon yang dilepaskan oleh tubuh kita selama stres, memberi sinyal kepada tubuh kita bahwa kondisi tidak ideal untuk pembuahan. Adrenalin menghambat kita memanfaatkan hormon progesteron, yang penting untuk kesuburan. Ini juga menyebabkan kelenjar pituitari melepaskan tingkat prolaktin yang lebih tinggi, yang juga menyebabkan kemandulan terjadi.

Penelitian terbaru memberi tahu kita bahwa stres meningkatkan kadar hormon stres, seperti adrenalin, katekolamin, dan kortisol, yang dapat menghambat pelepasan hormon utama tubuh, GnRH (hormon pelepas gonadotropin), yang bertanggung jawab atas pelepasan hormon seks. Selanjutnya ini dapat menekan ovulasi pada wanita, mengurangi jumlah sperma pada pria dan menurunkan libido pada wanita dan pria.

Contoh umum pentingnya GnRH dalam kesuburan adalah ini: Diproduksi oleh hipotalamus, GnRH bertanggung jawab untuk memberi sinyal pelepasan hormon luteinizing (LH) dan hormon perangsang folikel (FSH) dari kelenjar pituitari, yang kemudian menstimulasi gonad (indung telur) pada wanita, testis pada pria) untuk melepaskan hormon seks (estrogen dan androgen). Tingkat hormon seks meningkat dan sekali tingkat tertentu tercapai, menjadi bagian dari umpan balik negatif (penghambatan umpan balik negatif) yang menandakan penekanan LH.

Gangguan apapun terhadap GnRH dapat menyebabkan pelepasan hormon yang tidak memadai dari kelenjar pituitari yang dapat menyebabkan organ target mereka tidak berfungsi lagi seperti yang pernah mereka lakukan dan dalam kasus yang ekstrim, atrofi dari waktu ke waktu dan tidak lagi berfungsi.

Stres kronis dapat menyebabkan kurangnya libido serta penurunan kesuburan. Ini telah menjadi masalah umum dengan sebutan nama yang umum : Stres Disfungsi Reproduksi yang Diinduksi.

Fakta-fakta ini sangat penting untuk dipertimbangkan jika Anda telah mencoba untuk hamil tanpa hasil. Ini juga menunjukkan bahwa menghilangkan stres harus menjadi bagian dari setiap rencana konsepsi pasangan bahkan jika mereka menjalani IVF.

Mencoba hamil ketika stres melanda membuat janin berisiko. Tubuh tahu ini, itulah mengapa menciptakan lingkungan yang pada dasarnya tidak ramah terhadap konsepsi. Umumnya, orang yang stres adalah orang yang tidak sehat. Orang yang hidup dengan tingkat stres yang tinggi biasanya sangat lelah dan dipenuhi dengan ketegangan saraf yang dapat menyebabkan mereka memilih pola makan dan gaya hidup yang buruk.

Mengurangi Stres untuk Kesuburan

Ketika Anda mengalami kesulitan untuk hamil, stres bisa menjadi salah satu faktor. Jika Anda telah melakukan tes kesuburan dan telah menemukan bahwa tidak ada alasan medis untuk ketidaksuburan Anda, sekarang saatnya untuk mengevaluasi hidup Anda dan tentukan berapa banyak stres yang Anda miliki. Tentu saja, Anda mungkin bahkan tidak membutuhkan evaluasi. Anda mungkin tahu Anda sedang stres. Dalam hal ini, saatnya untuk mulai mengalahkan stres itu untuk membantu kesuburan Anda.

Miliki latihan atau kebiasaan yang membantu Anda mengurangi stres. Berikut beberapa saran praktis atau kebiasaan sehari-hari yang membantu mengurangi efek stres pada kesehatan Anda :

– Pastikan Anda cukup tidur
– lakukan olahraga sehat yang cukup setiap hari
– Merenung
– Mulai berlatih Yoga
– Cari konseling
– Konsumsilah herbal alami dan menenangkan serta suplemen
– Akupunktur
– Doa
– Membaca buku di taman
– Mandi air hangat
– Berpasrah diri dan ikhlaskan.

☆ Herbal membantu mengatasi stres.
Stres kronis dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, menurunkan telur dan kesehatan sperma, serta menciptakan kurangnya libido. Herbal yang mendukung respons stres yang sehat, menyehatkan sistem saraf dan mendukung fungsi endokrin adalah pilihan yang baik.

– Ashwagandha root (Withania somnifera)
Baik saraf dan adaptogen, Ashwagandha, bekerja untuk mengatur ulang fungsi kelenjar tiroid dan adrenal, serta, mendukung fungsi sistem endokrin keseluruhan untuk meningkatkan respon stres dan keseimbangan hormonal.

– Bee Pollen / Propolis
Bee pollen telah dilaporkan memiliki hasil yang luar biasa dalam meningkatkan kekebalan dan kesuburan. Bee propolis telah ditemukan untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, peradangan dan respon stres dalam tubuh.

– Bunga Chamomile (Matricaria recutita)
Ramuan ini adalah obat penenang dan penenang ringan yang dapat membantu mengurangi stres, merilekskan sistem saraf dan memicu keadaan tenang di dalam tubuh.

– Eleuthero root and stem bark (Elueutherococcus senticosus)
Juga dikenal sebagai Siberia Ginseng, akar / kulit Eluthero memperkuat sistem kekebalan tubuh dan sangat bagus untuk orang-orang di bawah tekanan berat. Ramuan ini membantu orang untuk merasa lebih baik, berkinerja lebih baik dan pulih dari penekanan kekebalan tubuh lebih cepat.

– Fo-ti, juga dikenal sebagai Ho Shou Wu, root (Polygonum multiflorum)
Menurut TCM, akar Fo-ti membantu mengembalikan jing (esensi kehidupan). Ini juga telah terbukti mendukung fungsi tiroid dan adrenal, yang sangat sensitif terhadap stres dan sangat penting untuk kesehatan kesuburan. Anggur dan daunnya terkadang digunakan untuk membantu stres, ketegangan syaraf dan insomnia.

– Daun Lemon Balm (Melissa officinalis)
Lemon Balm menyediakan dukungan sistem saraf yang sangat baik. Ini mendukung respons stres yang sehat, mengurangi depresi dan kecemasan. Kesehatan emosional yang baik, dan respons stres penting sebelum konsepsi. Ramuan ini tidak disarankan untuk digunakan pada orang yang menderita hipotiroidisme.

– Linden flower and bract (Tilia platyphyllos, T.cordata)
Ramuan ini sedikit menurunkan tekanan darah, mengurangi depresi dan mendukung fungsi sistem saraf. Ini sangat bagus untuk kecemasan, depresi dan insomnia, dan dianggap sangat lembut dan aman.

– Maca root (Lepidium meyenii)
Maca adalah makanan bergizi untuk sistem endokrin, membantu kelenjar pituitari, adrenal, dan tiroid (semua yang terlibat dalam keseimbangan hormonal.) Ini juga mendukung respon kekebalan dan stres dalam tubuh.

– Motherwort aerial parts (Leonurus cardiaca)
Ahli herbal terkenal Nicholas Culpepper (1616-1654) mengatakan, “Tidak ada ramuan yang lebih baik untuk mengusir uap melankolis dari hati, untuk memperkuatnya dan membuat pikiran ceria.” Motherwort mendukung kesehatan jantung dan membantu mengurangi kegelisahan.

– Schisandra, buah dan biji (Schisandra chinensis)
Schisandra bertindak sebagai adaptogen, serta mendukung keseimbangan hormon yang sehat melalui dukungan sistem endokrin. Selain itu, mempromosikan respon imun dan stres yang tepat.

– Akar Shatavari (Asparagus racemosus)
Tidak hanya ramuan ini mendukung kesuburan yang sehat, itu adalah sistem kekebalan tubuh dan tonik nutrisi. Shatavari juga mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

This entry was posted in Kehamilan. Bookmark the permalink.

One Response to Stress dan Pengaruhnya pada Kehamilan; Herbal yang bermanfaat untuk mengontrol Stress

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *